Deklarasi SBS 15 Desa di Kabupaten Lombok Tengah

1_DSC03686“Deklarasi  jangan hanya jadi acara seremonial saja, deklarasi ini hendaknya di sertai dengan tanggungjawab untuk melestarikan  perilaku stop buang air besar di sembarang tempat di iringi dengan peningkatan perilaku hidupbersih lainnya sampai kita mencapai kondisi sanitasi total demi kesehatan dan kemaslahatan kita bersama”.

Pesan tersebut di sampaikan dengan tegas oleh Bupati Lombok Tengah dalam acara deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan 15 desa di kabupaten Lombok Tengah yang di pusatkan di Desa Lendang Are kecamatan Kopang pada tanggal 28 Desember 2013.

15 kelurahan/desa ini merupakan desa-desa di kecamatan Praya (kelurahan Praya, Prapen, Panjisari, Leneng dan Semayan), kecamatan Kopang (desa Lendang Are, Kopang Rembiga, Aik Bual dan Semparu), kecamatan Jonggat (desa Bunkate dan Prine), kecamatan  Pujut (desa segala Anyar), kecamatan Janapria (desa Jango), kecamatan Batukliang (desa peresak) dan kecamatan Praya Barat (desa Tanak Rarang). 15 desa ini merupakan desa-desa yang  berhasil mencapai kondisi stop buang besar di sembarang tempat disepanjang tahun 2013.  

1_DSC03691Rangkaian acara kegiatan ini selain di isi dengan sambutan dan arahan dari bupati juga di lakukan Demo Cuci Tangan Pakai Sabun oleh Bupati, kepala Dinas kesehatan Propinsi NTB dan Kabupaten  Lombok Tengah. Dan di puncak acara dilakukan pengucapan dan penandatangan  ikrar  stop Buang Air Besar Sembarangan oleh 15 Lurah/Kepala Desa  yang  di intinya  berisikan komitmen masyarakat  bahwa :

  • Perilaku Buang air besar di sembarang tempat merupakan perbuatan tercela
  • Meningkatkan  perilaku hidup bersih dan sehat merupakan tanggung jawab bersama
  • Masyarakat percaya pada semangat dan kemampuan mereka sendiri untuk melakukan perubahan 
  • Masyarakat akan menjaga keberlanjutan perilaku buang air  besar selalu di jamban sehat  dan akan menularkanya pada masyarakat desa lainnya .

Dalam sambutanya Bupati kabupaten Lombok Tengah juga mengingatkan  kepada seluruh Kepala Desa dan Lurah untuk menegakan kesepakatan yang telah disusun bersama masyarakat (Awig-Awig) terkait Stop Buang Air Besar Sembarang ini agar kondisi Stop Buang Air Besar Sembarangan ini bisa terus berlanjut. 

1_DSC03694Saat ini  total jumlah desa yang telah mendeklarasikan diri stop dari perilaku buang air besar sembarangan di kabupaten Lombok  Tengah sebanyak 17 desa dari 136 desa/kelurahan yang ada. Berdasarkan data pada website: http://stbm-indonesia.org capaian akses sanitasi  masyarakat Kabupaten Lombok Tengah untuk saat ini sebesar 65.78% dari  297.913KK. Proses pemicuan masih terus berjalan  harapanya 15 desa   yang  saat ini sedang bergerak bisa mencapai kondisi Buang Air Besar Sembarangan Nol di tahun 2014.

 Di tulis oleh: Titik Soeprijati - Koordinator propinsi  NTB  (WSP-STBM)

Comments