Target Desa Melaksanakan STBM Tahun 2013 Berhasil Terlampaui

4-1_Target  Desa Melaksanakan STBM Tahun 2013Sukses rasanya kata itu cocok untuk menggambarkan keberhasilan yang diraih program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Betapa tidak, data terakhir Sekretariat STBM, Kementerian Kesehatan menunjukkan hingga akhir 2013 lalu sebanyak 16228 desa yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia telah melaksanakan program STBM dan sebanyak 2867 desa juga telah berhasil mengadakan deklarasi Bebas Buang Air Besar (Open Defecation Free/ODF).

Capaian ini tentunya perlu diapresiasi, sebab angka tersebut berhasil melampaui target 2013 yang semula hanya sebesar 16000 desa yang melaksanakan STBM, di mana hal itu terlihat jelas dalam grafik capaian di bawah ini.

Selain itu, grafik tersebut juga memperlihatkan adanya kenaikan yang cukup besar yaitu sebesar 2000 desa yang melaksanakan program STBM. Menurut sekretariat STBM, hal ini dipicu dari hasil kerja para pelaku STBM yang optimal.

Sementara itu, data lain Sekretariat STBM menunjukkan bahwa ada 5 provinsi dengan sumbangan terbesar untuk capaian desa intervensi STBM. Adapun lima provinsi tersebut ialah Jawa Timur, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat dan Jawa Barat.

4-2_Target  Desa Melaksanakan STBM Tahun 2013Data lima provinsi ini sebenarnya  hanya sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, hanya saja provinsi Jawa Barat pada 2013 ini berhasil menggeser posisi Sumatera Barat yang saat ini berada di posisi 7 sebagai penyumbang  terbesar untuk capaian desa intervensi STBM

Dengan makin banyaknya desa yang melaksanakan STBM diharapkan kedepannya kondisi sanitasi di Indonesia dapat semakin membaik, karena akan makin banyaknya masyarakat yang sadar akan pentingnya melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Menurut Eko Saputero, Kasubdit Penyehatan Air dan Sanitasi Dasar, Kemenkes terlampauinya capaian tersebut merupakan satu hal yang menggembirakan. Maka dari itu pihaknya akan terus optimis menjalankan program STBM ini.

“Bila dibandingkan dengan jumlah desa di Indonesia, capaian desa STBM sekarang ini memang belum bisa dikatakan sangat baik, kendati demikian kami akan tetap optimis mengembangkan program ini. Sebab, kami berharap melalui STBM akan semakin banyak masyarakat yang sadar akan PHBS, sehingga kondisi Sanitasi akan semakin membaik pula,” pungkasnya dalam acara Diskusi Media “ Redaktur Bertemu Direktur” yang diadakan oleh Pokja AMPL Nasional di Hotel Cemara, Jakarta. <CMH>

Comments