Ujung Tombak Kabupaten Tabalong Sehat Terlahir dari Kemitraan Strategis

adaro YABN, TP PKK, Pemda Tabalong dan APPSANI bermitra untuk membangun ratusan Kader Tabalong Sehat

Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan koreksi dan perbaikan dari program sanitasi yang bersifat top down, di mana ribuan projek MCK dibangun namun kurang dimanfaatkan karena tidak disertai dengan perubahan perilaku yang sehat. STBM mendorong perilaku sanitasi yang bersifat menyeluruh karena mencakup lima pilar seperti Stop BABs, Cuci tangan pakai sabun (CTPS), pengolahan air minum, pengolahan sampah dan pengolahan limbah rumah tangga. Dari lima pilar tersebut terlihat jelas bahwa perilaku sanitasi secara total tersebut harus tumbuh dari perilaku sehari-hari setiap anggota rumah tangga Indonesia. Jadi “berbasis masyarakat” juga berarti “berbasis rumah tangga”.  Yayasan Adaro Bangun Negeri memfokuskan kegiatan STBMnya pada pilar pertama, yaitu Stop Buang Air Besar Sembarangan dan mencanangkan target utamanya yaitu membebaskan Tabalong dari perilaku tersebut. Menurut data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong, pada saat program dimulai tahun 2012, masih terdapat sekitar 63.9% KK yang masih buang air besar sembarangan.

Terbebasnya empat desa dari buang air besar sembarang atau telah meraih status sebagai desa ODF (Open Defecation Free) merupakan hasil kolaborasi antara YABN, Dinas Kesehatan dan APPSANI. Dalam kesempatan dekalarasi di desa Kembang Kuning pada tanggal 24 Juni yang lalu, Bupati Tabalong, Bapak Drs. H. Anang Syakhfiani, M.Si menyampaikan penghargaan atas kerja keras tiga pihak tersebut. Hal itu semakin memicu tekad YABN bersama mitra daerahnya untuk mempercepat proses terbebasnya kabupaten Tabalong secara keseluruhan.

Sangat disadari bahwa percepatan keberhasilan Tabalong sebagai kabupaten ODF tergantung pada percepatan perubahan perilaku dari seluruh masyarakat Tabalong hingga ke akar rumput. Untuk itu kemitraan yang diinisiasi oleh YABN tersebut diperluas dengan menggandeng tim penggerak PKK Kabupaten Tabalong. Bergabungnya tim penggerak PKK yang memiliki jaringan sampai di desa-desa dengan program “dasa wisma” akan mempercepat penularan virus perilaku sehat, memicu kesadaran pentingnya memiliki WC sehat dan menggunakannya secara sehat hingga ke akar rumput. Tim penggerak PKK dengan sentuhan magis kasih dan perhatian para ibu, akan membuat tekad Tabalong sebagai kabupaten ODF menjadi awal dari suatu gerakan “Tabalong Sehat” yang menjadi mimpi dari YABN dan para mitra kerjanya.

Oleh karena itu, sehari setelah deklarasi Desa Kembang Kuning sebagai desa ODF, YABN bersama mitranya  melaksanakan loka karya untuk menyatukan visi, menyelaraskan langkah serta memadukan komitmen bersama untuk menularkan perilaku sehat, stop BABs. Kader kesehatan, kader PKK, APPSANI serta kader YABN dibaiat menjadi “Laskar Kader Tabalong Sehat” setelah kompetensi dan kapasitasnya diperkuat dalam lokakarya ini.

Bupati Tabalong dalam sambutannya menegaskan bahwa saat ini Pemda Tabalong sedang menyiapkan peraturan yang mewajibkan warga yang akan membangun rumah harus dilengkapi dengan sarana WC sehat serta wajib menanam pohon di sekitar rumah. Selain itu Anang juga menyampaikan “Hendaknya seluruh penduduk Tabalong mempunyai rasa memiliki daerah ini, sehingga sikap tidak baik seperti buang air besar sembarangan serta buang sampah sembarangan dapat hilang sama sekali.  Kita canangkan gerakan Tabalong sehat melalui Tabalong sebagai kabupaten ODF dapat dicapai dalam 3 tahun.”

Menyaksikan ungkapan komitmen dari para kader Tabalong Sehat yang disiapkan oleh YABN bersama mitra-mitranya, ibu Syarifah Syifa, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabalong dengan penuh keyakinan mengatakan “ Sangat menyambut baik inisitiaf ini dan berterima kasih kepada Yayasan Adaro Bangun Negeri yang telah susah payah dan bekerja keras untuk membantu Tabalong sehat. Saya yakin Tabalong akan menjadi Kabupaten bebas BAB sembarang dalam waktu singkat.”

“Selain untuk menyamakan visi dan tekad, lokakarya ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas dari  Kader Tabalong  Sehat.  Melihat semangat dan antusiasme para kader, serta kemitraan yang strategis antara YABN, TP PKK, Pemda Tabalong, saya yakin Tabalong bebas ODF akan dapat cepat tercapai.  YABN terbuka dengan potensi kemitraan strategis lainnya yang sejalan dengan visi dan misi YABN dan saat ini YABN sedang melakukan penjajagan kemitraan dengan media lokal dan nasional” demikian ungkapan dari Okty Damayanti, Direktur YABN.

Sebagai tindak lanjut dari hasil loka karya ini, paling lambat dalam waktu dua minggu, para pemangku kepentingan di bidang sanitasi se Kabupaten Tabalong sepakat untuk  melakukan pertemuan lanjutan.  Dalam pertemuan nanti akan dibahas beberapa agenda antara lain penguatan pokja sanitasi, penyusunan rencana strategis dan rencana aksi, serta sinkronisasi program antar pemangku kepentingan.

Comments