Update Data STBM Dengan Monev Berbasis Webite dan SMS Mudahkan Petugas Sanitasi Kabupaten Polewali Mandar

2

Sebagai implementasi dari RTL yang telah dibuat oleh petugas Monev kabupaten Polewali Mandar pada saat pelatihan Monev berbasis Website dan SMS yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat pada tanggal 12-15 Agustus 2014 di Hotel d’ Maleo.

Disadari oleh semua pihak data Realtime menjadi salah satu hal penting dalam suatu program, sebab melalui data real ini perkembangan suatu program dapat terukur dengan jelas dan akurat. Berangkat dari itu pada  tanggal 18 Agustus 2014 dengan memanfaatkan pertemuan rutin bulanan Petugas Sanitasi, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat baru saja mengadakan pertemuan sanitarian dalam rangka penguatan sistem monitoring dan evaluasi berbasis website dan SMS Gateway untuk program STBM. Sebagai tindaklanjut kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di Provinsi pada tanggal 12-15 Agustus 2014.

Pada kegiatan pertemuan sanitarian tersebut seluruh sanitarian hadir yang ada dikabupaten Polewali Mandar , antusiasme para sanitarian di polewali mandar dengan monev berbasis Website dan SMS ini, karena mereka mengaku bahwa sangat  terbantu dengan mekanisme pelaporan sanitasi berbasis SMS dan Website. ?Hal tersebut telah terbukti dapat memudahkan mereka dalam melakukan update data secara lebih cepat, akurat, dan dapat dipercaya, sehingga data tersebut dapat digunakan sebagai acuan perencanaan kegiatan, ungkapnya. Sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut adalah Petugas Monev kabupaten  Nursrikandi ,SKM, M.Kes  dan Kepala seksi Penyehatan Lingkungan Asmiati, SKM M.MKes yang didampingi oleh Fasilitator STBM Kabupaten Polewali Mandar, dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh koordinator STBM provinsi Sulawesi Barat untuk memberikan Support atas kegiatan tersebut.

1 Pada sesi kegiatan praktek Monev berbasis SMS tersebut semua sanitarian melakukan sesuai dengan Desa Yang menjadi wilayah dampingannya, dari kegiatan ini petugas sanitasi masing masing memegang SMS _ID tiap - tiap desa yang telah dibagikan  sebelum acara dimulai dari praktek pelaksanaan SMS tersebut ada yang langsung berhasil dan adapula yang tidak karena kurang teliti dalam penulisan sehingga yang berhasilpun mencoba dengan desa yang lain demikian pula yang tidak berhasil melakukan SMS kembali sampai berhasil melihat hasilnya langsung diwebsite STBM yang sama jawaban SMS yang ada di HPnya Masing masing ,sehingga pada kegiatan praktek tersebut dicek kepastian semua nama petugas sudah melakukannya dan benar. Pada sesi akhir acara tersebut oleh Kepala.Seksi Kesehatan lingkungan bertanya kepada peserta dengan kalimat “Apakah Bapak dan ibu sudah yakin dapat melakukannya ??? dengan jawaban yang tegas dari peserta Bismillah kami Bisa yang diiringi dengan tepuk tangan yang meriah.

Kaimuddin, Korprov STBM Sulbar

Comments