Workshop Pengkajian Peran Desa Pekraman Dalam Implementasi STBM di Propinsi Bali

Diadakan di Grand Inna Kuta, Bali pada tanggal 13-15 Oktober 2014, workshop ini dihadiri Dinkes Propinsi dan Kabupaten/Kota dari unsur Promkes dan Penyehatan Lingkungan, sanitarian, BPMPD, PKK, Universitas Udayana, Poltekkes Denpasar, Pokja Sanitasi, Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Propinsi Bali yang terutama menghadirkan Majelis Utama Desa Pakraman (MUDP), Majelis Madya Desa Pakraman (MMDP) serta Kepala Desa Adat dari 9 Kabupaten/kota di Bali.

Tujuan dari Workshop ini adalah untuk meningkatkan peran dan keterlibatan para Tokoh Adat dalam menyampaikan aturan adat terkait perilaku hygiene dan Sanitasi dalam upaya peningkatan akses sanitasi dan derajat kesehatan masyarakat.

2Pekraman_Bali1Pekraman_BaliKegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Bali, yang diwakili oleh Kepala Bidang P2PL, dr. Gede Wira Sunetra, MPPM yang pada sambutannya menekankan bahwa di Bali perlu kerjasama yang erat seluruh pihak mulai dari Dinas Kesehatan, LSM, Swasta serta peran penting para Tokoh Adat dalam mengimplementasikan STBM di Bali.

Peran Tokoh Adat sangatlah besar dalam menyampaikan berbagai hukum adat kepada Masyarakat agar mau mengubah perilakunya karena masyarakat di Bali akan lebih mempercayai hukum adat yang disampaikan oleh para Tokoh Adat”.  Seperti diketahui bahwa masyarakat Bali memiliki sistem kepemimpinan paternalistik dalam satu desa adat yang dipimpin oleh Prajuru Desa Pakraman.

Dengan semangat Adat, Agama dan Kesehatan sesuai dengan konsep nilai Tri Hita Karana yang mengatur perilaku masyarakat Hindu Bali, workshop ini mengkaji secara akademis, berbagi pengalaman empiris, mendiskusikan kebiasaan perilaku hygiene sanitasi dilihat dari sudut pandang ajaran agama Hindu dan adat. Peran desa Pekraman sebagai lembaga yang terdekat dengan kehidupan sosial masyarakat Bali kedepannya diharapkan dapat membantu percepatan ODF setiap Kabupaten/Kota melalui pendekatan STBM.

 <Ditulis oleh: Wendy Sarasdyani/Wida Indrayanti>

Comments