Lomba Tari CTPS Tingkat SD/MI Se-Kecamatan Lau, Kab. Maros Sulawesi Selatan

Dalam rangka memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang akan datang 12 November 2014 dan juga memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) 15 Oktober 2014 maka di Puskesmas Lau diadakan lomba tari CTPS tingkat SD/MI se-kecamatan Lau. Kegiatan ini diikuti oleh 15 SD/MI dari 18 SD/MI yang ada di kecamatan Lau. Sebagai salah satu wujud pelaksanaan PMK No. 3 Tahun 2014 mengenai Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) pilar kedua yakni Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).

Tim Juri Tari CTPS, Kec Lau

Kegiatan ini diikuti oleh para peserta dengan sangat antusias dan menampilkan kreasi tari CTPS sesuai arahan dan bimbingan dari pengelola UKS di SD/MI masing-masing. Teristimewa lagi SDLB Negeri 1 Maccini Baji juga mengikutsertakan siswa tuna rungu untuk berpartisipasi pada kegiatan ini. Dibalik keterbatasan yang ada, mereka tetap memiliki kepercayaan diri untuk bersaing dengan teman-teman yang lain.

Selain perlombaan, diselingi juga dengan beberapa penyuluhan, diantaranya: Penyediaan Air Minum Rumah Tangga (PAM-RT) oleh pengelola program Promosi Kesehatan PKM Lau, kesehatan lingkungan oleh pengelola program Kesling serta rencana pembinaan untuk sekolah sehat oleh Kepala Puskesmas Lau.

Pemenang Lomba Tari CTPS, Kec.Lau

Pada perlombaan CTPS ini, Juara I diraih oleh MI Nahdatul Ulum, disusul Juara II SDN 5 Barandasi dan Juara III SD Belang-Belang serta peserta favorit diberikan kepada SDLB Negeri 1  Barandasi.

Penyerahan hadiah Juara I – III berturut-turut oleh Koordinator PAMSIMAS Faisal Jufri, S.Ag, Kepala Puskesmas Lau Ibu Hj. Erniwati, SKM., dr. Sriwahyuni serta peserta favorit diserahkan oleh koordinator tim juri Muhajji, S.Sos., SKM.

Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa SD/MI yang diharapkan akan menjadi agen perubahan di sekolah, keluarga dan di masyarakat dalam penerapan CTPS, dengan memperhatikan cara dan waktu penting mencuci tangan.

Kegiatan ini diharapkan dapat berlanjut dan tidak sebatas perlombaan saja akan tetapi menjadi pelaksanaan dalam penerapan pola perilaku hidup bersih dan sehat.

Oleh: A. Masnah Azis, SKM (Sanitarian PKM Lau Kab. Maros Prov. Sulsel)

Comments