Perayaan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia VII 2014

DSC_6131.edit2 Perayaan puncak Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) VII 2014 yang dilaksanakan pada 18 Oktober 2014 lalu berlangsung dengan meriah di Lapangan D Senayan Jakarta Selatan.

Acara yang dihadiri oleh Wakil Menteri Kesehatan, Plt Dirjen PP&PL, Sesditjen PP&PL, Direktur Penyehatan Lingkungan, Kepala BBTKL Surabaya, perwakilan Kadinkes dari beberapa provinsi, mitra pendukung (WHO, UNICEF, USAID, IUWASH, Plan Indonesia, Save the Children, Reckitt Benckiser Indonesia, dan Yayasan Adaro), tamu undangan lain serta anak-anak sekolah yang berjumlah ±1000 turut mewarnai perayaan tersebut.

Dalam acara tersebut, wakil menteri kesehatan memberikan sambutan pembukaan yang diikuti dengan pelepasan balon oleh Wakil Menteri Kesehatan beserta jajarannya dan perwakilan dari WHO serta UNICEF, sebagai tanda peresmian pembukaan HCTPS VII 2014.

Kemudian dilanjutkan dengan penobatan Duta Lingkungan Sehat dan Natural Leader 2014 serta pemberian plakat kepada para mitra pendukung oleh Wakil Menteri Kesehatan dan jajarannya. Adapun pemenang Duta Lingkungan Sehat, berasal dari perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, Bali dan Papua Barat. Sedangkan pemenang Natural Leader berasal dari perwakilan Provinsi Papua barat, Jawa Barat, Nusa Tenggara Timur, Kepulauan Riau, dan Sumatera Barat.

DSC_6296.edit2

Tidak hanya penobatan saja yang diberikan, namun Wakil Menteri Kesehatan, Tamu VIP dan para Duta Lingkungan Sehat dan Natural Leader juga berdialog bersama. Dalam dialog tersebut, Wakil Menteri Kesehatan melontarkan beberapa pertanyaan, salah satunya mengenai penerapan hidup bersih dengan cuci tangan pakai sabun dan ketertarikan akan perilaku hidup sehat dan higienis dengan pendekatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Puncak acara dalam perayaan tersebut, sesuai dengan Tema Tangan Bersih Generasi Sehat, yaitu dilakukannya “ritual hand print” oleh Wakil Menteri Kesehatan dan Tamu VIP yang kemudian dilanjutkan dengan cuci tangan bersama. Kegiatan tersebut juga diikuti oleh 1000 anak Sekolah Dasar.

Kegiatan HCTPS VII 2014 diakhiri dengan hiburan yang dibawakan oleh Tasya dan Bastian Still (ex. Personil coboy junior) yang menambah meriahnya suasana perayaan. -Sekretariat STBM

Comments