Gebyar HCTPS di Pemalang, "Tanganku Bersih Generasi Sehat"

IMG_1549Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia Ke – 7 yang diperingati diseluruh Dunia,di Kabupaten Pemalang tidak ketinggalan untuk memperingati dan merayakannya. Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) ke 7 sedunia tahun 2014, dijajaran Pemerintah Daerah  Kabupaten Pemalang diperingati dengan melaksanakan Apel bersama  dan di ikuti oelh seluruh Sekolah menengah tingkat Atas (SMA) dan Sekolah Dasar di lingkungan Pendopo Kabupaten Pemalang.

Apel bersama yang dilaksanakan di halaman pendopo Kabupaten Pemalang tersebut, ditandai dengan dengan pelepasan sejumlah balon yang membawa tulisan HCTPS ke udara oleh Ketua TP PKK Kabupaten Pemalang Hj. Irna Junaedi yang diwakili Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Pemalang, Diah Budhi Rahardjo, didampingi Asisten bidang Pemerintahan dan Asisten bidang Pembangunan, ekonomi dan Kesra Sekda Kabupaten Pemalang, disaksikan sejumlah pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten  Pemalang dan seluruh peserta apel. dilanjutkan dengan gerakan cuci tangan pakai sabun, di awali oleh Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Pemalang diikuti seluruh peserta apel. Keikutsertaan pelajar untuk memperingati HCTPS di Pendopo juga ikut mememeriahkan Peringatan HCTPS yang dilaksanakan di Kabupaten Pemalang.

Untuk memeriahkan HCTPS  ke- 7 Kabupaten Pemalang mengeluarkan Surat Edaran dari Sekretraris Daerah Kabupaten Pemalang untuk seluruh sekolah, Kecamatan, Puskesmas dan SKPD untuk berpartisipasi aktif dalam memperingati HCTPS Sedunia Ke – 7 dimasing-masing instansinya.

Dalam sambutan Ketua TP PKK Kabupaten Pemalang yang dibacakan oleh Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Pemalang saat memimpin Apel bersama, berharap melalui peringatan HCTPS sedunia ke 7 tahun 2014 ini, TP PKK Kabupaten Pemalang dapat lebih memantapkan diri dalam ikut serta membangun kehidupan masyarakat Pemalang yang sehat, cerdas, damai dan sejahtera.CTPS_Pemalang

Usai melaksanakan apel bersama, dilanjutkan dengan Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun massal oleh semua peserta apel. Yang kemudian dilanjutkan dengan pagelaran lomba membuat poster HCTPS yang dikuti pelajar SMA dan SMK se-Kabupaten Pemalang. Lomba poster tersebut,  merupakan rangkaian kegiatan kampanye massal CTPS yang diselenggarakan TP PKK Kabupaten Pemalang.  Lomba yang di gelar di pendopo Kabupaten Pemalang ini diikuti oleh 29 peserta dari SMA dan SMK se-Kabupaten Pemalang dengan kriteria dalam penilaian lomba poster tersebut meliputi, (1) Ide atau gagasan; (2) kesesuaian poster dengan tema; (3) Komunikastif, informatif, dan provokatif;  dan  (4) keunikan poster dan keindahan, artistik serta komposisi gambar.

Pemenang Lomba membuat Poster HCTPS untuk Juara satu sampai tiga dimenangkan peserta dari SMAN 1 Pemalang. Adapun nama – nama peraih juara sebagai berikut, juara pertama diraih Hanifa Agustina pelajar  asal SMAN 1 Pemalang, kemudian juara kedua direbut Inafidah Hanifah siswi SMAN 1 Pemalang, selanjutnya Else Mony Natalia pelajar dari SMAN 1 Pemalang menempati juara ketiga, berikutnya juara harapan pertama ditempati Marta Vidianinda pelajar SMAN 1 Pemalang, sedangkan juara harapan kedua diraih Heri Satunggul SMK PGRI 2 Taman dan juara harapan ketiga diduduki Ika Wulandari pelajar asal SMK PGRI 2 Taman.

Juara_lomba

Pada sore hari, tepatnya pukul 16.00 WIB diadakan dialog interaktif berkenaan dengan peringatan HCTPS  ke -7 yang disiarkan secara langsung melalui Radio Pemerintah Kabupaten Pemalang  “ RADIO SWARA WIDURI”. Pengisi dialog tersebut antara lain: Tim Penggerak PKK, Dinas Kesehatan Kab. Pemalang, Forum Pemalang Sehat, Dinas Pendidikan dan kebudayaan serta Ketua tim Pembina UKS Tingkat Kabupaten Pemalang. Momen ini diharapkan agar seluruh masyarakat Kabupaten Pemalang  mengetahui tentang arti pentingnya Cuci Tangan Pakai sabun yang biasa mereka lakukan bersama keluarga. Diharapkan pula pembudayaan ini secara terus menerus mereka lakukan agar pilar-pilar dalam STBM di Kabupaten Pemalang  menjadi bagian  penting dalam penerapan pola hidup bersih dan sehat. <AR>

Penulis:  Wiji Mulyati (Dinkes Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah)

Comments