Kolaborasi Para Pelaku STBM-PAMSIMAS-PUSKESMAS Menuju Masyarakat Lebih Bersih & Lebih Sehat Di Kec. Simpang Katis Kab. Bangka

Bertempat di ruang Sekolah SDN 3 Sungkap, Desa Sungkap Kec. Simpang Katis Kab. Bangka Tengah sebanyak 70 siswa siswi Kelas II sangat asyik dan serius memperhatikan penyuluhan CTPS yang disampaikan oleh Tim STBM, PAMSIMAS dan PUSKESMAS Kec. Simpang Katis. Dimulai pukul 09.00 WIB para siswa dengan sikap semangat memasuki aula, tanpa perasaan takut dan sungkan langsung menempati tempat duduk yang tersedia. Selanjutnya acara dibuka kemudian di isi teori tentang cara mencuci tangan yang baik dan benar. CTPS Kec Simpang Katis_Kab BabelTim dari Puskesmas Kec. Simpang Katis, yang terdiri dari: Kesling, UKS dan Promkes yaitu Ibu Winda, Meli, Oktavia, Fenny dan Welistyani telah siap memperagakan cara CTPS dihadapan siswa dan siswi.

Beberapa siswa diminta tampil didepan untuk ikut memperagakan CTPS yang baik dan benar kemudian selanjutnya diikuti oleh siswa lainnya. Sesi kedua, seluruh siswa keluar ruangan untuk mempraktekan cara cuci tangan dengan dipandu serta diawasi oleh tim dari Puskesmas.

CTPS Kec Simpang Katis_Kab Babel (3)Dari pantauan di lapangan, ternyata siswa siswi telah memahami, mampu dan melaksanakan cara CTPS yang baik dan benar, sehingga diharapkan dari proses penyuluhan ini memberikan proses pembelajaran dan menanamkan nilai-nilai PHBS. Proses pengenalan dan pembelajaran cara CTPS sebaiknya dimulai sejak usia dini agar pola perilaku baik dan sehat yang dihasilkan maksimal.

Kepala Sekolah SDN 3 Sungkap mengatakan, bahwa sosialisasi dan penyuluhan yang dilakukan saat ini akan terus berkelanjutan, baik pelaksanaan CTPS, pemeriksaan kesehatan mulut, pemantauan kesehatan, imunisasi dan dokter kecil dapat memberikan pengetahuan berguna dikemudian hari. Korprov STBM Babel menyampaikan bahwa Kolaborasi dan sinergitas antar pelaku di lapangan mampu memberikan warna positif bagi siswa dan masyarakat. Penanaman nilai-nilai sehat harus sejak dini dan berkelanjutan, untuk mewujudkan Indonesia Sehat dan Cerdas.

CTPS Kec Simpang Katis_Kab Babel (2)Selanjutnya setelah penyuluhan CTPS dilaksanakan, tepat pukul 11.00 WIB dilakukan Penyuluhan Stop BABs di Kantor Desa Sungkap. Acara yang dihadiri lebih kurang 42 warga Desa Sungkap, yang terdiri dari perangkat desa, ketua RT dan perwakilan dari masing-masing 10 RT, serta pelopor kesehatan di Desa Sungkap yaitu Bapak Wendy. Bapak Wendy sebagai Natural Leader yang telah banyak membantu mendorong, mengajak dan momotivasi warga di Desa Sungkap untuk mengubah kebiasaan BABs. Dari 10 RT yang ada di Desa Sungkap hanya 1 RT lagi yang warganya melakukan BABs. Antusiasme masyarakat mendukung Stop BABs menjadi komitmen bersama bahwa di tahun depan warga Desa Sungkap tidak lagi BABs sehingga dapat mendeklarasikan sebagai Desa ODF.

Untuk mancapai hal tersebut diperlukan persiapan oleh beberapa pihak salah satunya dimotori oleh Fasilitator Masyarakat (FM) PAMSIMAS. Para pelaku PAMSIMAS, STBM dan PUSKESMAS bahu membahu dan bekerjasama dalam mewujudkan terlayaninya penyediaan air minum dan membebaskan masyarakat Desa Sungkap dari BABs. Selain itu juga menjadikan masyarakat sadar akan “hidup yang lebih sehat dan lebih bersih.”

(Abdullah Arafad Korprov STBM Babel; HK)

Comments