Tingkatkan Pemahaman STBM, Koordinator Propinsi PAMSIMAS Aktif Ikuti PJJ STBM

pjj3Salah satu komponen yang didukung oleh Proyek Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) II adalah komponen kesehatan melalui pendampingan pelaksanaan STBM di tingkat kabupaten/kota (district wide). Untuk memahami konsep dan penerapan STBM district-wide, fasilitator-fasilitator PAMSIMAS II telah mendapatkan berbagai pelatihan dan workshop penguatan kapasitas. Namun demikian, para fasilitator PAMSIMAS sepertinya tidak merasa puas untuk terus belajar. Mereka juga aktif mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) STBM secara online di http://elearning.stbm.kemkes.go.id/.

Tim administrasi PJJ STBM mencatat hingga Januari 2015, sebanyak 75 persen dari koordinator provinsi PAMSIMAS telah mengikuti PJJ STBM. Bahkan, 80 persen diantaranya telah menyelesaikan modul-modul yang ada di PJJ STBM. Tingginya minat mengikuti PJJ STBM tidak terlepas dari strategi tim support PAMSIMAS untuk terus mendampingi dan meningkatkan kapasitas koordinator PAMSIMAS sebagai enabler STBM di lapangan. “Untuk meningkatkan partisipasi, kami mensyaratkan para koordinator provinsi STBM PAMSIMAS II untuk menyelesaikan PJJ sebelum mengikuti pertemuan penguatan kapasitas di Solo (red-bulan Januari 2015),” jelas Wano Irwantoro, tim support PAMSIMAS. “Diharapkan PJJ STBM ini juga dapat menjadi salah satu alat bantu untuk memudahkan korprop memahami konsep STBM dan membantu kinerja mereka di lapangan,” tambah Dirman Siswoyo, anggota tim advisory PAMSIMAS.

pjj4Meskipun demikan, dari pengalaman para korprop menggunakan PJJ STBM ditemukan beberapa kelemahan, diantaranya akses yang lambat, kesulitan dalam registrasi, halaman yang terkadang mati dan tidak dapat dilanjutkan, maupun kesalahan nama di sertifikat. “Demikian sedikit input dari teman-teman di lapangan. Untuk itu kami menyarankan agar sistem dan akses web PJJ STBM dapat diperbaiki dan ditingkatkan lagi,” ujar Dirman.

Lebih lanjut, selain koordinator provinsi, PJJ STBM diharapkan juga dapat diikuti oleh fasilitator STBM kabupaten PAMSIMAS dan mitra mereka di lapangan, termasuk para wirausaha STBM. Pada pelatihan TOT Wirausaha STBM PAMSIMAS II tanggal 29 Januari-4 Februari 2015 di Padang yang diikuti oleh fasilitator kabupaten dan wirausaha dari region Sumatera, Drh. Wilfried Purba, Direktur Penyehatan Lingkungan menanyakan apakah perserta telah tahu dan telah berpartisipasi dalam PJJ STBM. Ternyata, kurang dari setengah peserta pernah mendengar tentang PJJ STBM. Bahkan, dari 74 peserta yang hadir, hanya 8 orang yang telah mengikuti PJJ STBM. Untuk itu, Drh. Wilfried Purba mengajak peserta untuk berpartisipasi dalam PJJ STBM dan turut memperkenalkan PJJ STBM kepada mitra kerjanya di lapangan.

Comments