Mahasiswa Kesling Poltekkes Palu Tingkatkan Kompetensi Melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) STBM

pjj stbmJauh dari Jakarta tidak mengurangi minat mahasiswa-mahasiswi jurusan kesehatan lingkungan Poltekkes Palu untuk mempelajari STBM. Setelah mendapatkan materi STBM di dalam mata kuliah Promosi Kesehatan, mahasiswa juga diperkenalkan dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ) STBM. “Kampus sangat mengapresiasi STBM karena berkaitan erat dengan kompetensi mahasiswa jurusan kesehatan lingkungan. Pengajaran STBM merupakan langkah formal dalam keseluruhan internalisasi tentang perbaikan perilaku saniter dan higienis melalui pemberdayaan masyarakat dengan cara pemicuan,” ujar Andi Bungawati, salah seorang dosen yang mengajarkan STBM di Poltekkes Palu.

Dengan semangat dan rasa keingintahuan yang tinggi, mahasiswa mengikuti PJJ STBM. “Kami semua senang belajar PJJ STBM karena mudah dipahami dan menambah pengetahuan kami tentang sanitasi,” ujar Rivaldi, mahasiswa dengan nilai PJJ tertinggi di Poltekkes Palu. Lebih lanjut, mahasiswi lain, Riska Triyani dan Ulvy Nurhalimah menambahkan bahwa mereka merasa menerima banyak manfaat dari PJJ STBM. “Kami mendapatkan kesempatan untuk belajar mandiri secara aktif dan interaktif dan PJJ ini dapat membantu meningkatkan pengetahuan kami sebelum kami turun ke lapangan untuk PKN (Praktik Kerja Nyata)”. “Kami juga ingin menjadi salah satu dari ratusan anggota STBM yang ada di Indonesia,” ujar Sri Masnawati, mahasiswi lainnya.

 Namun demikian, mengikuti PJJ STBM bukan tanpa kendala. Secara umum, Ibu Andi Bungawati mengatakan bahwa seringnya terjadi pemadaman listrik di Kota Palu, akses internet yang lambat dan fasilitas yang kurang, memadai merupakan beberapa kendala melakukan PJJ. “Walaupun begitu, tantangan itu sebenarnya tidak berarti karena kami terus berproses agar hal tersebut tidak menjadi hambatan. Jika listrik padam ataupun jaringan wifi lambat loading, kami masih bisa menggunakan alternatif lain, seperti menggunakan modem”.

Selanjutnya untuk mengimplementasikan pembelajaran STBM, Poltekkes Palu bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah akan melakukan PKN STBM di pelosok perdesaan di Sulawesi Tengah sekitar bulan April-Mei 2015 yang akan datang.

“Kami Keluarga Besar Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Palu, terus mendukung program STBM dengan pemicuan di masyarakat pada saat pelaksanaan Praktek Kerja Nyata (PKN) di lapangan. STBM is the Best..!!”, ujar mahasiswa-mahasiswa jurusan kesling Poltekkes Palu dengan semangat. (Andi Bungawati; Rahmi Kasri)

Comments