Perayaan Hari Air Sedunia 2015

IMG_9793

22 Maret lalu telah diperingati sebagai Hari Air Sedunia. Dimana setiap Negara mempunyai cara tersendiri untuk merayakannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Yayasan Tirta Lestari-Watsan Action bersama masyarakat Lenteng Agung dan didukung oleh kelurahan serta puskesmas setempat melakukan perayaan tersebut dalam bentuk kegiatan "Edukasi air bersih".

Kegiatan yang berlangsung di halaman kantor kelurahan Lenteng Agung pada 25 Maret disambut hangat oleh Bapak Camat Jagakarsa. Beliau memberikan sambutan sekaligus secara resmi membuka acara dalam perayaan tersebut. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa "kita diingatkan adanya Hari Air Sedunia. Sejak 1993 tapi baru berasa air itu penting. Untuk itu kita harus hemat air, jangan menggunakan air sembarangan", tutur beliau.

Rangkaian perayaan hari air sedunia juga dijadikan pembelajaran untuk anak-anak. Salah satunya program generasi hijau bijak air, dimana anak-anak mulai diperkenalkan dengan air bersih. Penyerahan sertifikat yang dilakukan oleh Ibu Camat kepada PAUD Melon dan Sundari Kid's menjadi langkah awal terhadap sasaran program tersebut.

1Selanjutnya, jajaran Camat beserta tamu undangan turut mengunjungi stand pengolahan air minum. Stand yang didirikan menyajikan beberapa metode pengolahan air minum secara sederhana, diantaranya teknologi sederhana saringan pasir, saringan keramik serta saringan perak. Kegiatan ini tidak hanya menampilkan bentuk pengolahan air minum saja, tetapi masyarakat juga mendapatkan pelatihan untuk membuat teknologi sederhana, khususnya teknologi sederhana saringan pasir. Pemanfaatan teknologi sederhana memperoleh beberapa keuntungan, salah satunya menghemat pengeluaran untuk membeli air kemasan. Sebagaimana yang dikemukakan oleh Kader air dan sanitasi "sejak mendapatkan pelatihan tentang air bersih dan penggunaan saringan pasir, maka biaya untuk membeli air isi ulang berkurang, setiap bulannya dapat menghemat 12 galon air isi ulang untuk keperluan sehari-hari di rumah tangga", ujar beliau.

Dipenghujung acara, Meisinta Florentina dari Watsan Action melakukan wawancara singkat kepada Bapak Camat. Dalam wawancara tersebut Bapak Camat menghimbau agar setelah perayaan ini masyarakat dapat terus melanjutkan kegiatan positif yang telah diperoleh. "Hidup butuh air!!!" menjadi pesan singkat diakhir wawancara bersama Bapak Camat. (HK)

Comments