Peran BPJS Dalam Mendukung Program STBM Di Kalimantan Tengah

BPJS 2

Program Organization Social Responsibility (OSR) adalah bentuk program tanggung jawab sosial organisasi yang bertujuan untuk terus menjaga eksistensi badan dalam memberikan perhatian terhadap lingkungan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan OSR yang mendukung kegiatan STBM yaitu kegiatan edukasi kesehatan. Edukasi kesehatan merupakan kegiatan upaya meningkatkan pengetahuan kesehatan perorangan paling sedikit mengenai pengelolaan faktor risiko penyakit, perilaku hidup bersih dan sehat dalam upaya meningkatkan status kesehatan, mencegah timbulnya kembali penyakit serta memulihkan penyakit.

Promosi Kesehatan Keliling

BPJS 1

Promosi kesehatan keliling (Promkesling) adalah upaya untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan kemampuan untuk hidup sehat serta melakukan penyebarluasan informasi kesehatan secara langsung kepada peserta dengan cara melakukan kegiatan promosi kesehatan keliling.

Untuk kegiatan STBM, OSR Promkesling dapat membantu dalam beberapa kegiatan, diantaranya:

Kegiatan  pemicuan STBM dengan dana OSR BPJS. Pada Promkesling Dinas Kesehatan dapat mengajukan dana dalam bentuk proposal ke BPJS karena kegiatan Promkesling menganggarkan dana untuk kegiatan tersebut. Adapun dana yang dianggarkan, meliputi: biaya honor pemicuan 2 org x 750.000, biaya bahan bakar, biaya konsumsi  untuk pemicuan dan ATK.

Kegiatan ini hanya untuk 1 kali pemicuan berdasarkan tersedianya dana OSR Promkesling yang tersedia pada tahun tersebut. Dengan waktu pencairan dana sekitar < 1 minggu. Adapun kelengkapan administrasi yang harus dipenuhi, diantaranya: bukti  lampiran  kuitansi konsumsi, absensi kegiatan dan dokumentasi.

Untuk OSR BPJS > 5 juta dapat mengajukan  proposal dana. Contohnya pembelian cetakan jamban sehat, seperti APSANI, dapat mengajukan proposal  namun sistem pencairan dana agak lama sekitar < 3 bulan. Hal tersebut dikarenakan proposal yang diminta dalam jumlah besar sehingga harus melalui tahapan pemeriksaan di lapangan dan nantinya dana akan keluar  melalui proses verifikasi BPJS di pusat.

Kini Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah telah menggunakan dana OSR BPJS  untuk kegiatan pemicuan STBM. Selain kegiatan pemicuan, juga mendukung kegiatan deklarasi ODF. Walaupun kecil namun sangat bermanfaat untuk kelancaran program STBM di Kalimantan Tengah. (Leli_Dinkes Prov Kalteng; HK)

Comments