Sarana PAMSIMAS Terbangun, SBS Tercapai dan Wirausaha Sanitasi pun Mengepakkan Sayap

jorong 1Program PAMSIMAS II Tahun Anggaran 2014 di Kabupaten Dharmasraya terdiri dari 6 jorong Reguler APBN dan 4 Jorong Reguler APBD. Ke – 10 jorong tersebut, diantaranya Jorong Taufik Nagari Kurnia Koto Salak, Jorong Rahmat Nagari Kurnia Koto Salak, Jorong Koto Indah Nagari Kurnia Koto Salak, Jorong Hidayah Nagari Kurnia Koto Salak, Jorong Laras Minang Nagari Kurnia Selatan, Jorong Padang Tangah 1 Nagari Padukuan, Jorong Sungai Pinang Nagari Timpeh dan Jorong Lagan Jaya II Nagari Sipangkur.

Proses pembangunan sarana air minum dan sanitasi di semua jorong tersebut berjalan sesuai target yang diharapkan. Uji fungsi sarana PAMSIMAS II untuk ke – 10 jorong ini telah dilaksanakan, begitu juga dengan peningkatan masyarakat yang Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) namun belum semua jorong dinyatakan Jorong SBS. Dari ke – 10 jorong, terdapat 8 jorong yang sudah dinyatakan SBS oleh sanitarian puskesmas, yaitu Jorong Lagan Jaya II, Jorong Koto Indah, Jorong Hidayah, Jorong Rahmat, Jorong Padang Tangah I, Jorong Laras Minang, Jorong Kambang Baru dan Jorong Taufik.

Menindaklanjuti keberhasilan pembangunan sarana air minum dan sanitasi oleh Program PAMSIMAS II dan peningkatan akses jamban sehat (jorong SBS) maka disepakatilah oleh kelompok keswadayaan masyarakat Jorong Lagan Jaya II bersama dengan district coordinator, fasilitator keberlanjutan, fasilitator STBM dan fasilitator masyarakat untuk mengadakan acara serah terima sarana seluruh lokasi Pamsimas II TA 2014 kepada BPSPAMS masing-masing jorong dan deklarasi SBS.

Acara yang diadakan pada Kamis, 9 April 2015 di Jorong Lagan Jaya II Nagari Sipangkur Kecamatan Tiumang dihadiri oleh Bupati Dharmasraya beserta seluruh SKPD terkait. Acara yang diawali dengan pembacaan ayat suci alquran dilanjutkan dengan ucapan selamat datang dari Kepala Jorong Lagan Jaya II, beliau menyatakan ucapan terima kasih kepada program PAMSIMAS yang telah banyak membawa perubahan dijorongnya, baik dari peningkatan akses sarana air bersih dan peningkatan derajat kesehatan. Begitu juga yang disampaikan oleh Walinagari Sipangkur dan Camat Tiumang yang mendukung dan akan mengawasi jalannya program PAMSIMAS.

jorongSelain itu Walinagari Sipangkur berjanji akan membuat sebuah Peraturan Nagari bahwa masyarakatnya wajib buang air besar di jamban sehat atau SBS. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Deklarasi SBS oleh ke-8 KKM yang sudah SBS dipimpin oleh KKM jorong Lagan Jaya II. Mereka dengan lantangnya menyatakan bahwa masyarakat jorong sudah SBS dan malu apabila tidak buang air besar dijamban sehat.

Bupati Dharmasraya, menyatakan sangat bangga dan berterima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang terlibat diprogram PAMSIMAS (KKM), SKPD yang terlibat langsung seperti Bappeda, Dinas Kesehatan, PU dan Badan Pemberdayaan masyarakat serta district coordinator, fasilitator keberlanjutan, fasilitator STBM dan fasilitator masyarakat yang telah membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Beliau juga berharap agar sarana PAMSIMAS yang dibangun dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dan dipelihara dengan baik. Untuk meningkatkan kualitas jamban masyarakat, beliau mengharapkan agar wirausaha yang telah dilatih mendapatkan pelanggan dari masyarakat.

Selanjutnya dilakukan pengguntingan pita oleh Bupati Dharmasraya sebagai simbolis untuk seluruh Jorong PAMSIMAS II TA 2014 dan dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat SBS kepada jorong yang sudah SBS. Penandatangan kesepakatan jorong SBS di spanduk oleh Bupati Dharmasraya dan Foto bersama dengan perwakilan jorong SBS menjadi akhir dari kegiatan tersebut.

Pesan yang dapat diambil oleh seluruh pihak yang terlibat diprogram PAMSIMAS adalah peliharalah sarana yang dibangun oleh Program PAMSIMAS dan pertahankanlah komitmen untuk tetap Stop Buang air besar disembarangan tempat serta kepada para wirausaha sanitasi berpandai-pandailah dengan masyarakat agar memperoleh pesanan jamban sehat dari masyarakat yang kualitas jambannya masih tergolong semi permanen. (Korprov STBM Sumatera Barat & Faskab STBM Dharmasraya; HK).

Comments