September Ceria Kabupaten Banggai Kepulauan Pada Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan

banggai1Wajah masyarakat  Desa Seano berseri-seri karena desanya mendapat kepercayaan menjadi tempat pelaksanaan Deklarasi SBS Kabupaten Banggai Kepulauan Provinsi Sulawesi Tengah dari 5 desa yang telah di verifikasi oleh Tim Kabupaten maupun Kecamatan dan dinyatakan sudah 100 % masyarakat memiliki dan berperilaku Stop Buang Air Besar Sembarangan. Desa tersebut adalah Desa Seano dan Desa Sapelang Kecamatan Buko Selatan, Desa Tunggaling Kecamatan Peling Tengah, Desa Tangkop Kecamatan Liang dan Desa Abason Kecamatan Totikum.

Tepatnya pada tanggal 30 September 2015 deklarasi SBS dilaksanakan. Acara ini sangat meriah karena dihadiri Bupati Banggai Kepulauan, Perwakilan Kemenkes banggai2(Direktur BTKL Regional Makassar), Dinkes Provinsi Sulteng, PPMU, Satker PK PAM Prov Sulteng dan sekitar 500 undangan dari masyarakat Desa setempat dan masyarakat desa tetangga. Kabid P2PL Dinkes Kab. Bangkep (Marson Biathan, SH) menyampaikan,  "Pada tahun ini Deklarasi SBS di Kabupaten Banggai Kepulauan untuk kedua kalinya dilaksanakan, yang pertama pada tahun 2012 di pusatkan di Desa Selekan dari 6 desa yang sudah SBS yaitu Desa Balayon, Boyomoute, Selekan, Loolong dan Tomboniki Kecamatan Liang serta Desa Paisuluno Kecamatan Bulagi Utara, Total  desa yang sudah SBS adalah sebanyak 11 desa  dan yang belum SBS 133 desa dari 144 desa/Kelurahan. Kita patut berbangga namun kita masih mempunyai tanggung jawab bersama - sama mencapai target Univesal Akses 100-0-100 (100 % Air Bersih, 0 % Pemukiman Kumuh dan 100 % Sanitasi Layak) tahun 2019 dapat terwujud".

Dalam sambutannya Kepala desa Seano menyampaikan ucapan terima kasih kepada Camat Buko Selatan, Kepala Puskesmas Lumbi-lumbia, Petugas program Kesling, dan seluruh masyarakat Desa Seano karena secara gotong royong dan bersama-sama ikut berpartisipasi dalam mencapai Desa Seano SBS dalam waktu kurang lebih 2 bulan sejak pemicuan dilakukan tanpa kenal lelah. Dari 203 KK baru 47 KK yang sudah memiliki dan menggunakan jamban Keluarga dan 156 KK yang BABS . Dan tepatnya Akhir Bulan Agustus masyarakat sudah menyatakan Merdeka dari Buang Air Besar Sembarangan. (by : Irma Labuan / Editor : AH (KM – Sekr. STBM Nasional)

banggai3

Comments