Dakwah Sanitasi

Ternyata ada 2 kriteria makanan yang boleh kita makan yaitu yang halal dan baik. Kedua syarat tersebut harus terpenuhi, tidak hanya syarat halal

saja atau makanan yang baik saja. Kita mungkin sudah sepakat untuk hanya memakan makanan yang ha- lal, atau makanan yang tidak di- haramkan. Tetapi apakah kita sudah yakin bahwa makanan yang kita makan tersebut baik bagi kita atau tubuh kita? Bannyak contoh makanan yang baik bagi seseorang tetapi tidak baik bagi orang lain. Bagi orang normal, mengkonsumsi gula adalah baik dan menambah energy tetapi bagi penderita diabetes mellitus (sakit gula) malah dapat

memperparah penyakitnya. Begitu pula dengan minuman, selain halal juga harus baik atau menyehatkan. Air yang sehat tentu saja air yang terhindar dari pencemaran bakteri. Memasak atau mengelola secara sehat air yang kita minum menjadi keharusan kita dalam upaya untuk hidup sehat dan mentaati ajaranNya.

Kesimpulan

Agama kita membawa ajaran untuk hidup secara bersih, sehat dan tidak merusak lingkungan, saatnya kini kita mengamalkannya. Jika menginginkan suatu perubahan dan perbaikan dari semua kondisi buruk yang memang disebabkan oleh kebiasaan dan perilaku kita, maka kita bisa memulainya sekarang. Merubah perilaku dan kebiasaan kita dengan mengikuti perintah Allah dan anjuran Rasulullah saw sesuai ketentuan Allah pada Surat Ar-Ra’d ayat 11, yang berbunyi:

Innallaha la yughoyyiru maa biqoumin hatta yughoyyiruu maa bi anfusihimm : (Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum, hingga mereka merubah nya)

“ SELAMAT BERUBAH !! “

  Download    262 downloaded

Comments