Petunjuk Installasi SMART Kabupaten

Petunjuk singkat:

APLIKASI STBM-SMART BAGI PETUGAS MONITORING KABUPATEN/KOTA

 

  1. CARA INSTALLASI/AKTIVASI.

 

1) Sebelum anda melakukan installasi, beberapa persyaratan yang perlu terpenuhi sebagai berikut:

a. Aplikasi ini memerlukan akses internet/online, baik dengan paket/pulsa ataupun jaringan wifi.

b. Pengguna aplikasi ini harus sudah terdaftar dalam database STBM Nasional (monev.stbm.kemkes.go.id)

c. Aplikasi ini juga memiliki fasilitas telepon langsung kepada sanitarian, aplikasi tidak menyediakan pulsa gratis, melainkan akan menggunakan pulsa regular smartphone anda.

 

  1. Cara mendapatkan aplikasi ini dengan mengunduh melalui googleplay store

, pada pencarian ketik “stbm”, lalu pilih icon STBM-Smart untuk Kabupaten/Kota

 

 

 

  1. Lakukan pemasangan, dengan meng-klik installataupasang. Icon ini  akan muncul pada menu aplikasi bila instalasi berhasil.

 

  1. Selanjutnya, masukkan username dan password anda (Akun STBM-SMART adalah sama dengan akun saat anda login di web Monev STBM)

 

 

 

Setelah anda  sign-in, tampilan STBM Smart akan menampilkan profile singkat STBM di Kabupaten/kota anda.

 

 

 

  1. Saat ini smartphone anda sudah terhubung dengan database STBM Nasional, namun dibatasi untuk kabupaten/kota sesuai login .

 

 

  1. FITUR DAN PENGGUNANNYA.

 

  1. Progress data

Grafik berikut menunjukkan status kuantitas dan kualitas data sanitasi (pilar 1) yang sudah di-entry (status sama dengan di website)

 

 

 

2) Akses Sanitasi saat ini

Angka akses sanitasi saat ini akan ditampilkan dalam bentuk angka prosentase (sama dengan web Monev), anda dapat melihat detail desa dengan menyentuh angkah tersebut: 

 

 

 

 

 

Anda dapat mengelompokkan data tersebut dalam 4 kelompok yaitu : Akses 100% atau ODF, akses 75 – 99%, akses 70 – 74% dan akses dibawah 50%. Sentuh teks kelompok data untuk melihat perubahan datanya.

 

Desa dengan warna merah menunjukkan bahwa desa tersebut adalah desa yang sedang atau telah mendapat intervensi dari PAMSIMAS.

 

 

 

Angka dibelakang nama desa menunjukkan jumlah KK yang masih OD/BABSdi desa tersebut.

 

Anda juga dapat mencari desa tertentu dengan mengetik nama desa di baris isian search.

 

 

 

Jika anda ingin menghubungi sanitarian yang melakukan monitor di desa Sudimoro, anda tinggal menyentuh nama desa Sudimoro tersebut, dan anda akan disajikan dengan tampilan boks popup berikut:

 

 

 

Silahkan sentuh symbol telepon untuk menghubungi sanitarian yang bersangkutan

 

<image phone call>

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Desa ODF

Menunjukkan jumlah desa yang sudah ODF verifikasi di kabupaten/kota yang bersangkutan, silahkan sentuh angka untuk melihat detail. 

 

Terdapat 2 kelompok data terdiri dari desa ODF yang sudah di verifikasi dan desa ODF namun belum diverifikasi (ODF baseline dan ODF claim).

 

4) Daftar sanitarian yang melakukan update data melalui SMS.

Tabel ini menampilkan sanitarian yang melakukan update data melalui SMS pada kurun waktu satu minggu berjalan (Minggu sampai Sabtu)

 

<Image table update data oleh sanitarian>,

 

Tabel ini juga dapat dikategorikan dalam 2 jenis yaitu; SMS yang berhasil dan SMS yang salah.

 

 

  1. Fitur Notifikasi.

Fitur notifikasi merupakan informasi terbaru terkait data desa berdasarkan update data oleh sanitarian. Informasi ini akan ditandai dengan munculnya tanda angka dalam lingkaran merah didalam area Peningkatan Akses maupun desa ODF.

 

    1. Fitur Notifikasi Peningkatan Akses

Saat sanitarian melakukan update data pada salah satu desa yang dimonitor, bila terjadi peningkatan akses maka system akan menyampaikan (push) notifikasi pada smartphone anda, anda dapat melihat desa dimaksud dengan menyentuh symbol angka dalam lingkaran merah tersbut.

 

<image notifikasi peningkatan akses>

 

    1. Fitur Notifikasi Desa ODF.

Notifikasi ini akan muncul saat sanitarian melakukan update data, dimana kolom OD/BABS diupdate dengan angka 0 yang menandakan sudah tidak ada lagi KK yang BABS di desa tersebut. Untuk melihat desa tersebut anda dapat menyentuh tombol angka merah di area Desa ODF

 

Catatan:

Tanda angka notifikasi akan hilang dengan sendirinya setelah anda menyentuh/melihat isi dari informasi tersebut, dan akan muncul kembali bila ada update data berikutnya.

 

 

  1. Fitur System Alert

Fitur alert merupakan informasi pengingat/peringatan kepada pengguna terkait update data oleh sanitarian dan status desa ODF yang belum diverifikasi. Alert ini akan muncul dengan sendirinya yang dipicu melalui proses otomasi yang dilakukan oleh system.

 

    1. Alert SMS salah oleh sanitarian.

Peringatan ini akan otomatis muncul pada device STBM-SMART Kabupaten/kota, apabila seseorang sanitarian salah dalam melakukan update data melalui SMS dalam satu kurun waktu berturut-turut (3 kali) untuk desa yang sama. Sistem akan memberkan informasi nama sanitarian berikut kesalahan traking kesalahannya. Informasi ini perlu direspon oleh petugas kabupaten untuk membantu sanitarian dalam pengiriman SMS data. Gunakan fungsi direct call untuk menghubungi sanitarian tersebut.

 

<Image alert SMS salah>

 

    1. Alert system desa ODF belum diverifikasi.

Peringatan ini akan muncul 30 hari setelah update data desa ODF yang belum diverifikasi. Informasi ini perlu direspon/ditindak lanjuti agar desa-desa yang sudah ODF baseline/claim untuk segera diverifikasi. Peringatan ini akan muncul dalam 3 waktu (pagi, siang dan sore), dan akan diulangi kembali pada 30 hari berkutnya (bila desa dimaksud masih belum diverifikasi).

 

<Image alert desa ODF belum verifikasi>

 

  Download    1955 downloaded

Comments